Sabtu, 01 November 2014

BAHAYA RADIKAL BEBAS

Haiiiiii....salam kenal..
ketemu lagi dengan Reny. sekarang Reny akan mengupas arti radikal bebas.
Istilah radikal bebas sudah cukup populer di kalangan masyarakat. Terutama bagi yang hidup di perkotaan dengan tingkat polusi udara yang tinggi. Tanpa disadari, radikal bebas masuk ke dalam tubuh dan mengganggu aktivitas normal sel-sel dalam tubuh. Karena itu, radikal bebas juga dikenal sebagai salah satu pemicu penyakit-penyakit degeneratif seperti kanker, jantung, dan penuaan. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan radikal bebas? Dan bagaimana cara melawan efek negatifnya bagi kesehatan?

Radikal Bebas

Radikal bebas adalah suatu molekul yang memiliki elektron tidak berpasangan pada orbit terluarnya. Radikal bebas yang signifikan dalam tubuh adalah turunan oksigen reaktif yang mencakup superoksida, hidroksil, peroksil, hidrogen peroksida , dan oksigen nitrit . Molekul ini bersifat tidak stabil sehingga selalu berusaha untuk mencari elektron pasangannya. Hanya saja molekul radikal bebas ini sering menangkap elektron dari molekul-molekul makro pembentuk sel seperti lipid, protein, polisakarida, dan DNA. Reaksi ini menyebabkan terbentuknya radikal bebas baru dan begitu seterusnya hingga membentuk reaksi berantai sehingga jumlah radikal bebas semakin banyak. Reaksi antara radikal bebas dengan molekul makro ini berefek merusak pada sel dan berakibat pada munculnya beberapa penyakit degeneratif.

Pada sel kulit, radikal bebas dapat merusak lipid pada membran sel sehingga dapat menimbulkan keriput dan mempercepat penuaan. Radikal bebas juga diduga sebagai pemicu zat-zat karsinogenik sebagai salah satu penyebab kanker. Selain itu, radikal bebas dapat meningkatkan kadar LDL yang menjadi penyebab penimbunan kolesterol pada dinding pembuluh darah yang pada akhirnya mengakibatkan penyakit jantung koroner.

Ada dua sumber utama radikal bebas, yaitu dari dalam tubuh dan dari luar tubuh. Radikal bebas endogen secara alami diproduksi dalam tubuh sebagai hasil dari reaksi oksidasi pembentukan energi. Sedangkan radikal bebas dari luar tubuh berasal dari proses pembakaran, seperti emisi gas kendaraan bermotor, asap rokok, paparan sinar matahari, olah raga yang berlebihan dapat memicu timbulnya radikal bebas, dan sebagainya.

Antioksidan

Pada kondisi normal, tubuh akan membentuk antioksidan untuk melawan radikal bebas sehingga terjadi keseimbangan antara radikal bebas dan antioksidan. Antioksidan merupakan senyawa yang bersifat inhibitor, yaitu menghambat atau mencegah interaksi antara radikal bebas dengan target molekulnya.
Seperti halnya radikal bebas, antioksidan digolongkan menjadi 2 berdasarkan sumbernya, yaitu antioksidan endogen dan antioksidan eksogen. Antioksidan yang diproduksi dalam tubuh berupa enzim yang terdiri dari superoksida dismutase, glutation peroksidase, dan katalase. Sedangkan antioksidan yang berasal dari luar tubuh adalah vitamin C, vitamin E, betakaroten, selenium, zinc, mangan, dan senyawa flavonoid.
Dalam proses penetralan radikal bebas, antioksidan endogen bekerjasama dengan antioksidan eksogen. Prosesnya dimulai dari Vitamin E yang menangkap radikal bebas, kemudian vitamin E berubah menjadi vitamin E radikal yang selanjutnya menangkap elektron dari vitamin C. Vitamin C ini juga berubah menjadi radikal sampai dinetralisir oleh glutathion sehingga tidak lagi bersifat destruktif.

Sebenarnya, dampak destruktif radikal bebas tidak akan terjadi jika jumlah radikal bebas di dalam tubuh seimbang dengan antioksidannya dan kebutuhan antioksidan sudah terpenuhi dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang dan menerapkan pola hidup sehat. Namun pada keadaan tertentu dimana jumlah radikal bebas lebih tinggi, maka tubuh membutuhkan tambahan antioksidan. Seperti pada saat menjalankan aktivitas fisik yang berat, infeksi dan luka bakar serius, merokok dan menghirup asap rokok, terpapar polusi udara dan sinar matahari terus-menerus.

Jadi tahu dong kalo antioksidan tu penting banget buat menangkal radikal bebas. Reny punya solusinya.. dengan minum Glucogen semua penyakit akibat radikal bebas karena mengandung Glutathione + collagen :)
untuk konsultasi ato info produk silakan invite
 ✔pin bb : 51D3DB21
✔Whatsapp ↪ 0877 165 044 87
✔FB ↪ Reny Yuli Kristiyanti / www.facebook.com/reny.yk





Tidak ada komentar:

Posting Komentar